Furnitur (2011 — sekarang)



2011
Penelitian dilakukan melalui kajian terhadap perilaku duduk dan aktivitas manusia di sekitar furnitur publik menggunakan pendekatan Environmental Behavior (John Seizel). Studi Environmental Behavior adalah ilmu dalam mengamati perilaku orang terhadap lingkungannya; baik secara individual, sekelompok kecil orang hingga banyak orang terutama pada suatu area publik. Observasi dilakukan oleh peneliti sebagai secret outsider terhadap 7 kasus area publik.

2014 — 2018
Peneliti melakukan riset mengenai transisi budaya material pada perkembangan desain furnitur kayu di Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri tradisi penggunaan atau pengolahan material kayu pada perkembangan desain furnitur di Indonesia dengan pendekatan historikal dan budaya.

2018 — sekarang
Penelitian mengenai pengaruh desain furnitur pada nilai dan sikap estetis masyarakat Jawa dilakukan menggunakan metode historis. Furnitur menjadi kebutuhan penting dalam kehidupan sosial, politik dan ekonomi masyarakat Jawa. Furnitur tradisional Jawa memiliki nilai simbolik yang lekat dengan keseharian dan kebudayaan masyarakat Jawa.

Wawasan mengenai kekayaan artefak masa lalu dibutuhkan sebagai panduan bagi generasi muda untuk menjaga nilai budaya masyarakat Jawa. Data primer didapatkan dari observasi peneliti pada berbagai lokasi yang memiliki koleksi furnitur kayu di pulau Jawa, seperti berbagai museum sejarah, rumah-rumah tradisional, Keraton Surakarta, hingga Istana Kepresidenan Bogor.

Design Ethnography Lab.
KK Manusia dan Desain Produk Industri

Fakultas Seni Rupa dan Desain
Institut Teknologi Bandung

Center for Arts, Design and Language
(CADL) Building 7th Floor
Jalan Ganesha No. 10, Bandung 40132


© DE:Lab 2019, all rights reserved.

︎         ︎           ︎