About

Design Ethnography Lab. (DE:Lab) merupakan laboratorium penelitian yang berada di bawah Kelompok Keahlian Manusia dan Desain Produk Industri, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung. Laboratorium ini dibentuk sebagai upaya untuk mengembangkan metode dan praktik desain, yang di satu sisi berlandaskan pada perkembangan teknologi, dan di sisi yang lain, berdasarkan juga pada perkembangan isu-isu serta teori-teori sosial, budaya, dan politik.

DE:Lab menjadi pusat penelitian yang terbuka bagi para peneliti dari dalam maupun luar ITB, serta mahasiswa sarjana maupun pascasarjana, untuk mengolah dan mengembangkan metode desain dan etnografi dalam penelitiannya masing-masing. DE:Lab melakukan berbagai kegiatan penelitian secara rutin, dan berupaya untuk mengimplementasikannya kepada masyarakat dengan penekanan pada kolaborasi komunitas akademik, sektor privat, serta pemerintahan.


DE:Lab menginisiasi dan mengorganisir berbagai kegiatan seperti seminar rutin Dialog Desain, forum diskusi Pengajian Desain, podcast Cetak Biru, serta Jurnal Ilmu Desain.



Members



Meirina Triharini, M.Ds., Ph.D.

Memiliki minat mendalam pada praktik kerajinan dan desain di Indonesia, Meirina memilih topik mengenai kerajinan tradisional Tasikmalaya sebagai tugas akhir sarjananya pada tahun 2008. Penelitiannya untuk meraih gelar Master pada gerakan One Village One Product (OVOP) di Purwakarta telah membuatnya memperoleh beasiswa Monbukagakusho dari pemerintah Jepang untuk memperdalam studinya mengenai hubungan antara manusia dan kerajinan sebagai penelitian doktoral. Meirina lulus dari Human and Socio-Environmental Studies di Kanazawa University di tahun 2015 dengan disertasi berjudul: Preserving Tradition in Craft Design Development (Case Studies: Yamanaka Lacquerware, Japan and Tasikmalaya Bamboo Weaving, Indonesia). Sejak 2012 Meirina telah menjadi peneliti dan dosen di Program Studi Desain Produk ITB dengan fokus pada bidang Antropologi dan Desain.


︎ meirina@fsrd.itb.ac.id



Dr. Arianti Ayu Puspita, M.Ds.

Merupakan dosen tetap di Program Studi Desain Produk, Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB. Ia menempuh program magister dan doktoral di Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB. Bidang pengajaran dan penelitiannya mencakup Sejarah Desain, Sosial Desain dan Environmental Behavior (Perilaku Manusia dan Lingkungan). Berbagai penelitian yang telah dilakukan mengambil objek studi furnitur dan preservasi budaya melalui metode digitalisasi (photogrammetry).

︎ ariantiayu@fsrd.itb.ac.id



Prananda Luffiansyah Malasan, M.Ds., M.Phil., Ph.D.

Menempuh pendidikan doktoral di Jurusan Cultural Resource Management di Kanazawa University, Jepang pada tahun 2016 hingga 2019. Dalam periode yang sama, Prananda berkesempatan menempati posisi sebagai PhD researcher di Jurusan Antropologi, the University of Tokyo, Jepang. Dengan konsentrasi riset pada isu desain, sosial, dan kebudayaan, Prananda melakukan banyak penelitian lapangan di berbagai sektor usaha kecil dan informal di konteks perkotaan maupun pedesaan di Indonesia. Prananda berpikir bahwa proses desain bukan hanya hak prerogatif dari seorang desainer, tetapi juga merupakan hasil akumulatif dari dialog yang aktif antara desainer dan berbagai pihak yang terlibat maupun yang secara tidak langsung terdampak hasil desain tersebut. Hasil penelitiannya telah banyak terbit dalam berbagai tulisan akademik maupun artikel populer di berbagai media cetak dan online.

︎ prananda@fsrd.itb.ac.id



R. Raditya Ardianto Taepoer, M.Ds.
Seorang ESTJ yang dikenal sistematis, analitis, serta menjunjung tinggi nilai tradisi dan keteraturan. Ia merupakan sosok yang mahir dalam menyusun perencanaan strategis, memantau kemajuan, dan memastikan hasil akhir disampaikan dengan baik serta memenuhi tujuan maupun ekspektasi terhadap suatu pekerjaan. Memiliki pengalaman kerja di lintas industri, seperti industri kecil menengah, retail, konsultan, festival, dan media, ia memperoleh gelar magister di Program Studi Magister Desain Institut Teknologi Bandung, mendalami minat pada human-centered design dan service design. Raditya memegang sertifikasi Adobe Certified User: Visual Communication using Adobe Photoshop dan Autodesk Certified User: AutoCAD.

︎ radityaardianto@gmail.com



Interns


Aditya R. Pratama, S.Ant.
Rayi Harjani
Virliany Rizqia
Martha Setiawan



About — Contact Us

Design Ethnography Lab.
Kelompok Keahlian Manusia dan Desain Produk Industri
Fakultas Seni Rupa dan Desain
Institut Teknologi Bandung

Center for Arts, Design and Language (CADL) Building 7th Floor
Jalan Ganesha No. 10, Bandung 40132


︎ info@designethno.id




Design Ethnography Lab.
KK Manusia dan Desain Produk Industri

Fakultas Seni Rupa dan Desain
Institut Teknologi Bandung

Center for Arts, Design and Language
(CADL) Building 7th Floor
Jalan Ganesha No. 10, Bandung 40132


© DE:Lab 2019, all rights reserved.

︎         ︎           ︎